Mitos-mitos seputar kehamilan

Berhubung istri saya sedang hamil muda, maka saya ingin menulis artikel yang ada hubungannya dengan masalah kehamilan hehehe…

Sahabat semua, begitu istri sudah mengandung maka selain kegembiraan juga ada rasa was-was dan waspada. Waspada dalam artian bagaimana menjaga janin yang berusia muda itu dalam kondisi sehat. Segala macam informasi mengenai kehamilan pasti akan kita lahap untuk menambah pengetahuan kita dengan harapan apabila terjadi sesuatu kita tidak mudah panik dan dengan cepat dan tepat dapat mengatasi masalah tersebut.

Sayangnya dari sekian banyak informasi yang beredar tersebut, ternyata tidak sedikit yang salah atau sebenarnya berawal dari mitos yang beredar di masyarakat. Hanya saja yang namanya mitos-mitos itu ternyata justru menyesatkan. Dibawah ini ada beberapa mitos seputar kehamilan yang diragukan kebenaranya :

Minum air kelapa dapat mempercepat persalinan
Air kelapa memang bisa membuat air ketuban jadi bersih, tapi tidak ada bukti ilmiah yang menunjukan air kelapa adalah factor penentu yang dapat melancarkan persalinan

Makan pisang, ketimun dan nanas dapat membuat keguguran
Justru kandungan gizi dalam buah-buahan itu sangat berguna bagi kesehatan sang ibu karena mengandung vitamin C dan serat.

Minum es dapat menyebabkan janin tumbuh besar
Minum es tidak menyebabkan janin tumbuh meraksasa. Kecuali jika minuman es itu ditambah sirup, madu atau gula yang berlebihan sebab kandungan karbohidrat dalam gula itu yang membuat bayi memiliki berat diatas normal.

Ibu hamil tidak boleh makan daging kambing
Ibu hamil boleh menyantap daging kambing asal dalam porsi yang wajar, kecuali jika ibu itu memiliki kadar kolesterol yang tinggi atau penyakit jantung.

Sebaiknya tidak berhubungan intim pada trimester pertama kehamilan
Kata kunci disini adalah kenyamanan. Jika sang istri merasa sakit dan tidak nyaman maka sebaiknya tidak melakukan hubungan suami-istri namun tidak benar kalau melakukannya akan beresiko keguguran.

Bila perut sang ibu bulat, berarti bayinya perempuan
Tidak betul itu, yang benar adalah posisi janin pada perut yang membuat perut menjadi aneka macam bentuk. Jika janin melintang maka perut akan melebar namun jika janin memanjang maka perut akan terlihat tinggi.

Ternyata semakin banyak informasi tidak akan membuat orang pintar karena ternyata sebagian informasi itu ada yang salah, walau pun maksud dari informasi itu baik namun ada baiknya kita menyaring kembali info-info itu agar tidak menyesatkan diri kita sendiri.

One Response to “Mitos-mitos seputar kehamilan”

  1. abahjack Says:

    Silahkan baca artikel Tips Bagi Ibu Hamil di Blog ku, aku doakan semoga sehat sehat aja dan selamat menimang bayi…. kelak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: